Catatan Hati

Jumat, 20 September 2013

Inspirasi untuk Si buah hati



Pada suatu sore saya mengikuti Talk Show berjudul "THE MIRACLE OF QUR'AN FOR JANIN". Mendengar judulnya saja sudah membuat penasaran, namun sore itu terlihat kursi peserta masih banyak yang kosong. Saya yakin jika acara ini diadakan kembali terutama di tempat-tempat umum misal masjid-masjid atau pesantren-pesantren tentu banyak yang merasakan kemanfaatannya.
Apa yang saya dapatkan dari acara tersebut adalah sebuah presentasi yang bagus dari seorang master of trainer Ust. Rudi Hartanto, S.Pdi, Al-Hafizh. Secara garis besar, hal-hal yang disampaikan pada acara tersebut adalah :
1. Latar Belakang, mengenai tahapan penciptaan manusia/ terbentuknya janin.
2. Keistimewaan/keajaiban alam kandungan.
3. Peran orang tua dalam membentuk generasi emas : Kisah para Imam dan 'alim 'ulama terdahulu maupun para hafizh qur'an
4. Stimulasi janin dalam kandungan

Yup, intinya adalah menanamkan kebiasaan-kebiasaan  kepada janin sejak dalam usia kandungan. So, memang dalam acara ini mempromosikan program-program

Syaikh Ali Jabir seorang syaikh dari Madinah menceritakan bahwa orang tua dari Tabarak, Zaina, dan salah seorang lagi, 3 anak kecil yang telah hafal Qur'an, orang tuanya membaca 5 juz Al Qur'an per hari sewaktu anaknya tersebut masih dalam kandungan. 

Imam Asy-Syafi'i hafal Qur'an pada usia 7 tahun
Ibnu Qudamah hafal Qur'an pada usia 10 tahun
Jamaludin Al Mizzi, Imam An Nawawi, Imam Ahmad Bin Hambal hafal Qur'an pada usia kecil juga...

Kemudian pada acara ini diperkenalkan salah satu cabang dari Lembaga Qur'an Haramain yakni sebuah sekolah Qur'an untuk Ibu Hamil. Pada sekolah ini ibu hamil akan dibimbing untuk melakukan program di bawah ini, yakni beberapa hal yang penting dikenalkan kepada janin sejak berada di dalam kandungan, di antaranya  :
1. 30 kosa kata yang wajib dikenalkan.
Seperti : Allah, Rasulullah, madrasah, kitaabun, Al Qur'an, Adzan, Wudhu', Masjid, Sholat, Nabi, salam, Islam, dll.
2. 20 Kalimat Thayyibah.
Seperti : Bismillah, Assalamu'alaikum, Wa'alaikumussalaam, Subhanallah, dst.
3. Do'a sehari-hari.
Seperti : Do'a mau makan, do'a sesudah makan, Do'a mau tidur, Do'a bangun tidur,  Do'a masuk kamar kecil, do'a keluar kamar kecil, dll
4. Paket surat-surat pendek
Seperti : An Nas, Al falaq, al ikhlas, dst
5. Senandung Islami
Seperti : takbir, tahmid, tahlil, dst
6. Amalan harian ibu. Ini merupakan amalan harian sang ibu pada waktu kehamilan.
Seperti : menjaga sholat di awal waktu, menjaga sholat rawatib, menjaga shalat dhuha, menjaga sholat lail, dzikir pagi& sore, menjaga tilawah, menjaga sedekah rutin, menjaga perkataan pendengaran dan penglihatan dari yanng tidak baik, mengupayakan hati yang bahagia, dst.

Kemudian ada stimulasi yang harus dilakukan pada setiap minggu usia kehamilan.
*Usia 1-11 minggu : perhatikan asupan gizi, peningkatan amalan harian untuk meningkatkan kondisi ruhiah, terapi murotal pada saat tidur (bila nyaman dengan suara)
*Usia 12-14 minggu : Pagi (pengenalan asmaul husna oleh ibu) ; Sore (Tangan ayah diletakkan di perut sang ibu disertai kecupan hangat sambil dibacakan Al-Qur'an)
dst sampai dengan minggu ke-40.

Untuk membentuk generasi emas dibutuhkan usaha dari kedua orang tua. Semoga untuk para calon ibu dapat mempersiapkan diri. Semoga sedikit share ilmu ini dapat bermanfaat.  :)

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb


Sumber Informasi : Lembaga Qur'an Haramain, Sekolah Menghafal qur'an untuk ibu hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar